Sabtu, 03 Maret 2012

pengertian birokrasi




Apa itu Birokrasi ?

Birokrasi berasal dari kata bureau yang berarti kantor , dan kata cracy yang berarti pemerintahan . birokrasi diartikan sebagai struktur organisasi yang mempunyai ciri ciri yaitu, segala sesuatunya harus mengikuti prosedur, pembagian tanggung jawab , adanya hirarki (jenjang), dan hubungan yang bersifat impersional. Birokrasi bisa digunakan baik pada organisasi pemerintahan maupun non pemerintah . contoh birokrasi yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari diantaranya pada lembaga-lembaga pemerintahan , perusahaan , rumah sakit, pengadilan , sekolah , dan lain sebagainya. Istilah Birokrasi dikenalkan oleh Max Weber , seeorang ahli sosiologi dari Jerman , sehingga karyanya dikenal sebagai konsep “ tipe idel birokrasi”. Weber menggambarkan tipe ideal birokrasi sebagai bentuk organisasi yang rasional dan efisien . dalam masyarakat modern seperti sekarang , birokrasi seringkali identik dengan inefisiensi (tidak efisien), kemalasan dan pemborosan.

1 komentar: